Selasa, 30 Oktober 2012

COMPIERE

Pengertian Compiere
Compiere adalah software Enterprise Resource Planning atau disingkat ERP adalah sistem informasi perusahaan yang dirancang peruntukan mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang sangat berguna pada proses bisnis, ERP berbasis open source pertama kali dan merupakan salah satu software ERP yang paling popular saat ini. Compiere yang di bangun dengan menggunakan Java J2EE dapat di jalankan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, dll.
Compiere dilengkapi dengan beberapa fitur, semisal Inventory Management, Purchasing, Sales Order, Account Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai pondasinya. Didukung dengan kemampuan multi currency, multi company dan multi language, Compiere sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan berbentuk group of companies, yang lazim di Indonesia.

Target Pasar Compiere :
Compiere dirancang untuk industri yang bergerak dibidang jasa, distribusi dan retail. Terdapat fungsi dasar dari Managemen material serta termasuk juga Manufacturing Planning meskipun dalam skala terbatas. Tidak ada fungsi manufaktur seperti Shopfloor control dan Full MRP. Compiere adalah untuk perusahaan kecil dan menengah (SME), seperti halnya perusahaan tunggal, untuk rangkaian distribusi, outlet dari sebuah manufaktur, franchises dll.

Menu-Menu pada Compiere
·         Aplication directory
·                  General rules
Merupakan menu yang menampilkan peraturan umum dalam penggunaan dari system yang ada sehingga akan memudahkan user dalam mengetahui batasan – batasan dalam system yang ada dalam perusahaan.
·         Quote to invoice
Adalah modul untuk menjalankan proses penjualan, pembuatan penawaran ke pelanggan, serta melakukan penagihan pembayaran.
·         Requisition to invoice
Bagian ini berfungsi untuk mengendalikan proses pembelian barang, penjadwalan hutang, serta mengatur pembayaran ke pemasok.

·           Material management
Ialah menu untuk  membuat customer shipment dalam tumpukan atau individu per order dan membandingkannya dengan Purchase Order atau Vendor Invoice
·         Partner relations
Ialah menu yang  yang menghubungkan beberapa client dimana masing – masing client melakukan distribusi management dan request data
·         Project management
Project Management merupakan menu yang  memungkinkan sistem melakukan analisis dan perencanaan kegiatan atau pembangunan dengan kontrol yang efektif secara akuntansi. 
·         Performance analysis
Performance analysis menjelaskan tentang Pembayaran dan dimensi Akuntansi dalam suatu aplikasi, dalam sistem traditional kita mengenalnya dengan sebutan Neraca dan Jurnal Umum yang terhubung dengan pemasukkan data akuntansi dalam compiere.

Kelebihan Compiere
  •   Implementasi ERP yang cepat dan fleksibel
  •  Perangkat lunak ERP open source komersil
  •   Arsitektur Model-Driven yang memudahkan pengontrolan
  •  Aplikasi ERP yang dirancang untuk Ekonomi Global.
Kelemahan Compiere
  • Untuk community edition (yang masih free) ada beberapa kekurangan:
  •  Tidak tersedia lagi WebUI  (demikian juga dengan Standard edition)
  • Tidak tersedianya PDF exporter (hanya da versi demo,padahal ini penting sekali)
  • Selain database EnterpriseDB,hanya bisa pakai oracle XE (Tidak bisa pakai oracle standard atau Profesional)
 Sumber : http://neverletgo-prometheus.blogspot.com/2012/10/konsep-sistem-informasi-lanjut-review.html dan http://priscapica-tugassoftskill.blogspot.com/2012/10/compiere.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar